Jumat, 29 Maret 2013

BAB I

                                                    Pendahuluan Akuntansi Internasioanal

Akuntansi didefinisikan sebagai " suatau proses pengidentifikasian, pengukuaran, dan penghomunikasian informasi ekonomi agar memungkinkan pemakai untuk membuat pertimbanahgan dan keputusan - keputusan,"
Tiga faktor kunci telah memainkan peranan yang menentukan dalam internasioanal (bidang disiplin ) akuntansi:
1. Spesialisasi
2. Sifat Intrenasioanal dari sejumlah masalah teknis akuntansi.
3. Alasan historis

Spesialisasi akuntansi
Salah satu hal yang menarik adalah kebutuhan untuk berspesialisasi yang nampaknya tidak dapat di elakkan, Spesialisasi-spesialisasi dalm akuntansi telah terbentuk dalm beberapa tahun terakhir. dan berkembang penuh siring dnegn berkembanganya abad 20.

Tiga kemungkinan pengertian orang terhadap akuntansi internasional :
1. Konsep parent- foreign subsidiary accounting atau accounting for foreign subsidiary. Konsep ini yang paling tua. Hanya menyangkut proses penyusutan laporan konsolidasi dari perusahaan induk dengan perusahaan cabang yang berada di bebagai Negara.
2. Universal atau world accounting yang berarti merupakan kerangka atau konsep di mana kita memiliki konsep akuntansi termasuk dalan teori dan prinsip akuntansi yang berlaku di semua Negara. Ini merupakan tujuan akhir dalam internasioanl accounting.
3. konsep comperative atau internasional tau internasional accounting yang menentukan pada upaya mempelajari dan mencoba memahami perbedaan akuntansi diberbagai Negara. Umumnya pengertian internasioanl accounting adalah menggunakan konsep comperative accounting ini.


REF :

Choi, Frederick, dkk. 1997. Akuntansi Imternasioanal . Salemba empat : Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar